Karya Tulis Ilmiah



HUBUNGAN PENDIDIKAN KESEHATAN METODE DEMONSTRASI DENGAN KEMAMPUAN IBU TENTANG PERAWATAN BAYI SEHARI-HARI DI RSI UNISMA MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN MALANG
Pengarang : RESTU WIDYARINI
Dosen Pembimbing : Afnani Toyibah, A.Per.Pen, M.Pd, Ita Yuliani, S.S.T, M.Keb.
Klasifikasi/Subjek : , pendidikan kesehatan metode demonstrasi, kemampuan ibu tentang perawatan bayi.
Penerbitan : , Malang: 2018.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Restu Widyarini, Restu. 2018. Hubungan Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Dengan Kemampuan Ibu Tentang Perawatan Bayi Sehari-hari Di RSI Unisma Kota Malang. Skripsi, Program Studi Sarjana Terapan Malang, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Pembimbing I: Afnani Toyibah, A.Per.Pen, M.Pd, Pembimbing II: Ita Yuliani, S.S.T, M.Keb. Masa nifas merupakan masa perubahan peran baru bagi ibu, salah satunya adalah merawat bayi sehari-hari. Berdasarkan study pendahuluan yang dilakukan di Poli hamil RSI Unisma tentang kemampuan ibu tentang perawatan bayi sehari-hari didapatkan bahwa 55% dibantu dukun bayi 15% dan dibantu tenaga kesehatan 20%. Sedangkan ibu yang mampu merawat bayi sehari-hari (memandikan bayi dan merawat tali pusat) secara mandiri hanya sebanyak 10%. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan ibu adalah Pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan kesehatan metode demonstrasi dengan kemampuan ibu tentang perawatan bayi sehari-hari di RSI Unisma Malang. Desain penelitian ini adalah analitik observasional, populasi seluruh ibu nifas dengan riwayat persalinan normal berjumlah 40 orang, sampel berjumlah 36 orang diambil secara purposive sampling, Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan ibu sebelum mendapatkan pendidikan kesehatan sebagian besar 75% tidak mampu, dan setelah mendapatkan pendidikan kesehatan sebagian besar 72% mampu. Hasil analisis statistik Uji Mc Nemar menunjukkan bahwa nilai P Value (0,000) < α (0,05) artinya H nol ditolak berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan kesehatan metode demonstrasi dengan kemampuan ibu tentang perawatan bayi sehari-hari. Metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan ibu karena metode ini dapat memberikan gambaran yang nyata tentang perawatan bayi sehari-hari. Kata kunci : pendidikan kesehatan metode demonstrasi, kemampuan ibu tentang perawatan bayi.



Lampiran

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]